Ini Dia Manfaat Bunga Rosella untuk Diet yang Sangat Berkhasiat



Bunga Rosella - Alam telah memberikan kemudahan bagi manusia untuk mendapatkan manfaat dari keberadaannya. Berbagai macam tumbuhan yang diteliti terbukti mampu menjadi obat atau solusi dari masalah kesehatan tubuh manusia. Begitu pula dengan tumbuhan yang satu ini, yaitu bunga rosella. Bunga rosella berkhasiat untuk merawat tubuh agar segar dan fit. Selain itu, manfaat bunga rosella untuk diet juga terbukti ampuh. Bila Anda sedang mencari alternatif diet yang mudah, Anda bisa mencoba mengunakan bunga rosella ini.
Bunga rosella ini memiliki dua jenis bunga, yaitu rosella yang berwarna merah dan rosella berwarna keunguan. Bunga yang berasal dari Afrika ini telah lama dijadikan minuman teh yang dikonsumsi pada saat cuaca dingin atau suhu udara tidak bersahabat. Cara minum rosella sangat mudah, Anda bisa membuatnya sendiri. Pertama, siapkan satu bungkus lembaran bunga rosella kering yang sudah banyak dijual. Kemudian ambil segenggam bunga rosella kering, taruh di gelas besar atau teko dan rendamlah di air mendidih selama 15 menit. Bila air telah berubah warna menjadi merah, saringlah dulu agar sisa bunganya tidak tercampur. Nah, airnya sudah bisa diminum dalam keadaan hangat. 
efek samping bunga rosella,cara pengolahan bunga rosella,cara menanam bunga rosella,bunga rosella ungu,manfaat bunga rosella,khasiat teh bunga rosella,bunga rosella dan manfaatnya,bunga rosella,

Baca Juga : Khasiat Bunga Kitolod Bagi Kesehatan

Adapun manfaat bunga rosella kering sangat banyak. Bunga rosella memiliki kandungan anti oksidan, mineral, vitamin, kalsium dan asam amino yang baik untuk tubuh. Vitamin A, B1, B2 dan vitamin C yang dimiliki bunga rosella sangat tinggi kandungannya. Bahkan kandungan kalsium dari bunga rosella ini lebih tinggi dibandingkan satu gelas susu. Bunga rosella kering yang dijadikan teh dapat mencegah tekanan darah tinggi meningkat, kadar gula darah turun, tulang menjadi kuat (terhindar dari penyakit osteoporosis), kulit menjadi kencang dan suplemen diet yang ampuh.
Dari banyaknya manfaat bunga ini, tak heran jika kemudian banyak orang tertarik untuk mengkonsumsi bunga rosella. Manfaat bunga rosella untuk diet juga dijadikan alasan untuk rajin meminum teh yang diproduksi dari bunga rosella kering. Selain dijadikan teh, bunga rosella dapat dijadikan selai yang dicampur dengan pepaya atau buah berserat lainnya. Bunga rosella juga bisa dibuat menjadi sirup dengan cita rasa yang manis. Jika tidak ingin repot, Anda bisa membeli bunga rosella yang sudah dikemas dalam bentuk teh seduh. Pilihlah teh bunga rosella yang wanginya terasa segar, yang menandakan kandungan anti oksidannya masih tinggi.
Sedangkan untuk diet, pilihlah teh dari bunga rosella berwarna merah. Cara mengkonsumsinya cukup mudah, minumlah satu cangkir teh tanpa gula setiap harinya, sebelum tidur, siang hari dan setelah bangun tidur. Lakukan dengan rutin selama beberapa bulan. Manfaat bunga rosella untuk diet akan terasa dengan cepat. Hal ini karena bunga rosella merah mengandung vitamin C dosis tinggi dan tingkat keasaman yang mampu membakar lemak dengan efektif. Selain itu bunga rosella mengandung protein sebesar 1.145 gram yang membuatnya cocok dijadikan pengganti asupan karbohidrat.