Sabtu, 19 Agustus 2017

Nama Ilmiah Bunga Kamboja dan Beragam Manfaatnya



Bunga Kamboja - Di Indonesia bunga kamboja termasuk salah satu jenis bunga yang sering dijumpai terutama di area pemakaman. Meski begitu, ada pula yang menanam bunga kamboja di taman dan pekarangan rumah. Tapi tidak banyak orang yang mengetahui nama ilmiah bunga kamboja. Dari nama ilmiah atau nama latinnya, kita bisa menelusuri asal muasal tanaman ini. Selain itu, bunga kamboja juga memiliki banyak manfaat yang tidak terduga. Inilah informasi penting mengenai bunga kamboja.
Bunga kamboja terdiri dari beberapa jenis. Ada bunga kamboja berwarna putih, kamboja kuning dan kamboja yang berwarna merah. Jenis kamboja bisa dilihat pula dari ukuran tanamannya. Asal usul tanaman ini dari Amerika Tengah. Di Bali, bunga kamboja adalah bunga yang sering dijumpai bukan hanya di area pekuburan saja. Penduduk pulau dewata ini mengunakan bunga kamboja untuk berbagai kegunaan, misalnya untuk upacara keagamaan dan aksesoris para penari.
nama ilmiah bunga kamboja putih,nama ilmiah bunga kamboja merah,kamus nama ilmiah bunga kamboja,nama ilmiah bunga kamboja pink,nama ilmiah bunga kamboja jepang,nama latin bunga kamboja merah,

Baca Juga : Manfaat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan

Adapun nama ilmiah bunga kamboja adalah Plumeria Rubra L.cv Acutifolia. Nama tersebut diambil dari nama penemunya, yaitu Charles Plumier, seorang ahli tanaman yang berasal dari Perancis. Klasifikasi ilmiah tanaman bunga kamboja ini memiliki penjelasan lebih lanjut, urutannya bisa dibaca dari awal sampai akhir. Klasifikasi awal tanaman kamboja termasuk kerajaan Plantae dan divisi Magnoliophyta. Dari klasifikasi selanjutnya, tanaman ini termasuk kelas Magnoliopsida dengan ordo Gentianales. Klasifikasi berikutnya, tanaman kamboja termasuk kedalam famili Apocynaceae dan genus Plumeria.
Nah, tanaman kamboja ini memiliki tujuh sampai delapan spesies tanaman. Salah satu nama latin tanaman kamboja yang terkenal adalah Plumeria Bali Whirl, yang sering dijadikan pohon penghias taman rumah.
Ada satu jenis tanaman berwarna putih yang populer dinamakan kamboja Jepang, padahal tanaman ini tidak termasuk tumbuhan kamboja atau plumeria. Kamboja Jepang adalah jenis tanaman adenium. Sedangkan untuk jenis tanaman kamboja lain kurang dikenal namanya. Masyarakat akhirnya mengenal nama latin bunga kamboja dan manfaatnya. Nama latin dari kamboja yaitu Plumeria itulah yang cukup dikenal. Manfaat dari tanaman kamboja sendiri cukup banyak. Beberapa diantaranya yaitu sebagai obat untuk bisul, kaki bengkak, sakit gigi, luka borok, kutil dan antibiotik. Bunga kamboja pun bermanfaat untuk dijadikan tambahan sayuran, rasanya sedikit pahit tapi punya efek menenangkan. Adapun bunga kamboja juga cocok diseduh dengan teh atau air putih biasa untuk diminum karena sangat baik untuk pencernaan. Di Jepang, Taiwan dan Cina, bunga kamboja bahkan dijadikan bahan baku untuk pembuatan minyak wangi dan obat nyamuk.    
Nama ilmiah bunga kamboja memang tidak sepopuler manfaat dan kegunaan tanaman ini. Namun seiring berjalannya waktu, orang mulai mencari jenis tanaman kamboja lain untuk ditanam dan dimanfaatkan. Tanaman kamboja selain bunganya indah dipandang mata, bagian lain dari tanaman ini terbukti bermanfaat, seperti batang dan getahnya. Semoga semakin banyak orang yang memanfaatkan tanaman dengan bunganya ini untuk kesehatan, kecantikan dan kegunaan lainnya.
Nama Ilmiah Bunga Kamboja dan Beragam Manfaatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lomba Cindra