Langsung ke konten utama

Klasifikasi dan Struktur Bunga Kamboja

Struktur bunga kamboja dan klasifikasi tanaman kamboja. Bunga kamboja dengan nama ilmiah Plumeria sp adalah sejenis tanaman hias yang berbunga dan berasal dari Afrika dan Amerika bagian tengah. Tanaman bunga kamboja termasuk ke dalam kerajaan plantae. Dimana tanaman ini memiliki nama ilmiah Plumeria sebab untuk menghargai dan menghormati ahli botani yang menemukannya pertama kali, yakni Charles Plumier dari Peranis. Akan tetapi, tanaman kamboja sudah menyebar secara luas hingga ke berbagai benua di dunia khususnya benua Asia.
Klasifikasi tanaman bunga kamboja sebagai famili dari apocynacea sendiri banyak dijumpai di berbagai negara tak terkecuali di Indonesia, Anda bisa menjumpainya di Bali. Akan tetapi berdasarkan sistematis morfologi sendiri, bunga kamboja bisa diklasifikasikan dimana kingdom atau kerajaannya adalah plantai atau tumbuhan, dengan subkingdom Tracheobionta atau tumbuhan berpembulu, dengan sumber divisi spermatophyta (dapat menghasilkan bulu), divisi berupa magnliphyta (merupakan tumbuhan berbunga), kelas magnoliopsida (yang berkeping dua), dengan  ordi gntilanales, famili apocynacecae, spesies Plumeria rubra dan genusnya plumeria.
struktur bunga sepatu,struktur bunga melati,struktur bunga kamboja dan fungsinya,struktur bunga anggrek,struktur bunga matahari,struktur bunga mawar,klasifikasi bunga kamboja,bagian bunga kamboja,

Baca Juga : Nama Ilmiah Bunga Kamboja dan Beragam Manfaatnya

Struktur Morfologi Tanaman Kamboja
Tanaman bunga kamboja mempunyai beberapa varietas dan jenis dimulai pada warna dan bunga bervariasi juga dengan nama latin berbeda, tetapi masih terdapat pada 1 famili. Tanaman kamboja dapat tumbuh baik di daerah tropis dan subropis sampai ketinggian sekitar 1,5-6 meter hingga lebih. Dimana tanaman ini mempunyai pertumbuhan cepat serta mampu menghasilkan bunga sangat banyak. Adapun, berdasarkan morfologi bunga kamboja itu sendiri bisa dibedakan berdasarkan:

·         Batang
Struktur bunga kamboja terdiri dari batang, dimana bagian batangnya bertekstur keras, mempunyai cabang banyak, memiliki warna hijau keputihan, dan bekas dudukan pada daun tampak jelas. Disamping itu, bagian batang tanaman mempunyai pertumbuhan cepat serta tahan dari penyakit atau hama yang menyerang. Dimana bagian batang ini mempunyai ketinggian hingga 1,5-6 meter.

·         Daun
Bunga kamboja mempunyai daun tunggal dengan panjang sekitar 10-25 cm, yang memiliki ciri-ciri runcing pada bagian pangkal, tebal, mempunyai bentuk yang lonjong dan mempunyai bagian tepi yang merata.

·         Bunga
Struktur bunga kamboja, pada bagian bunganya sendiri mempunyai bentuk bunga majemuk, kelopak corong, dengan mahkota bunga 4 bagian serta mempunyai warna bervariasi, seperti merah, putih juga campuran. Bunga kamboja sendiri berada pada bagian cabang maupun ketiak tanaman. Dimana proses penyerbukannya dibantu oleh angin atau binatang yang lainnya.

·         Biji dan Buah
Buah yang terdapat dalam tanaman kamboja mempunyai bentuk yang lonjong agak kebulatan dengan warna kehitaman dan kehijauan saat sudah menua. Disamping itu, buahnya mempunyai panjang sekitar 18-20 cm yang mempunyai sekitar 1-2 cm.

·         Akar
Tanaman kamboja mempunyai akar tunggang, berwarna coklat muda sampai tua dan bercabang. Dimana akar ini berfungsi menyerap unsur air dan mineral dari dalam tanah hingga kedalaman 1,5-2 meter.
Itulah penjelasan mengenai struktur bunga kamboja dan klasifikasinya. Bunga kamboja ini sangat ideal dijadikan sebagai tanaman hias untuk menghiasi pekarangan rumah. Semoga ulasan artikel ini bermanfaat untuk Anda!


loading...
Theme Editor by Seo v6